163

Kedatangan Kak Seto  di Polres Karanganyar ini untuk memantau perkembangan kasus pedofilia, dengan korban 16 anak di bawah umur, yang berhasil diungkap oleh Polisi. Kak Seto juga sempat menemui Fajarudin, pelaku kekerasan seksual terhadap anak, yang kini ditahan oleh Polres Karanganyar.

Kepada awak media, Kak Seto mengungkapkan apresiasisnya terhadap Polres Karanganyar, dan terutama kepada guru serta orang tua korban, yang berani melapor ke pihak Kepolisian. Karena mayoritas kasus-kasus kekerasan seksual serupa, sulit terungkap karena pihak korban malu untuk melaporkannya ke pihak berwenang.

Kak Seto juga mendorong pihak berwajib menerapkan hukuman maksimal kepada pelaku pedofilia, dari hukuman kebiri, hingga hukuman mati, sesuai dengan undang-undang nomor 17 tahun 2016 tentang perlindungan anak. Hukuman maksimal ini perlu diterapkan, untuk memberikan efek jera, sehingga mencegah kejahatan serupa kembali terulang.

Meski begitu, Kak Seto juga mengajak pihak terkait untuk tidak melupakan perlindungan dan rehabilitasi moril terhadap para korban. Pasalnya, korban kejahatan seksual anak yang tidak tertangani dengan baik, rentan mengalami kelainan kejiwaan, sehingga cenderung menjadi pelaku seperti yang dialami oleh Fajarudin. Hal inilah yang mengakibatkan kasus pedofilia bagai lingkaran setan yang terus berulang.

(Bre Suroto)