162

KASUBAG TU UPTD Trans Semarang Kota Semarang, Ade Bhakti menjelaskan, hingga saat ini pihaknya telah melakukan persiapan peluncuran koridor baru, yang sedang proses service dan uji KIR bus. Direncanakan peluncuran koridor V jurusan UNDIP – Tembalang dan koridor VI UNDIP – UNNES akan dioperasionalkan pada tanggal 1 april mendatang.

Persiapan lain diantaranya untuk petugas tiket dan shelter, saat ini sedang ada pembekalan mulai hari ini hingga 3 hari ke depan. Untuk shelter dijelaskan ade, sudah ada 34 di sepanjang rute koridor V, dan 18 di koridor VI. Semua shelter masih bersifat portable sambil melihat kebutuhan masyarakat.

Untuk mengakamodir keinginan pengemudi angkutan kota, pihaknya juga merangkul paguyuban angkot, dengan mengatur posisi shelter sesuai keinginan pengemudi angkot. Sehingga diharapakan angkutan kota dapat menjadi feeder, atau angkutan pengumpan menuju shelter-shelter tersebut.

Terpisah, Walikota Semarang Hendrar Prihadi berharap dengan peluncuran koridor baru akan mengurangi kemacetan Kota, dan memudahkan warga dalam mengakses perjalanan. Meski demikian, Walikota mengakui BRT Trans Semarang masih banyak persoalan seperti, sejumlah armada yang kurang baik, pengemudi yang ugal-ugalan, petugas tiket yang kurang ramah dan sebagainya. Pihaknya berharap pengelola BRT segera melakukan perbaikan.

(Heri Riyana)