153

Para petani durian di Dukuh Nglawungan, terus kembangkan durian organik. Lahan durian 20 hektare milik para petani terus di jaga dan di rawat, hingga menghasilkan rasa durian yang sangat enak. Buah durian yang mereka kembangkan secara alami, di maksud untuk mempertahankan cita rasa durian, untuk menghasilkan durian berkualitas. Tidak memerlukan pengobatan maupun cara khusus, cukup merawat secara manual, pohon durian bisa menghasilkan durian yang berkualitas dengan cita rasa yang enak.

Salah satu petani durian, Sumijan mengaku, dalam pengembangan durian organik, di budidayakan secara alami yaitu dengan mencari bibit yang berkualitas dengan memberi perawatan pada pohon durian, selain itu sistem cangkok juga masih di gunakan para petani. Sistem cangkok di yakini bisa mepertahankan citarasa durian khas Nglawungan. Hal ini terbukti setiap musim durian sangat banyak pecinta durian datang dan menikmati durian di kebun durian. Rasa durian desa tunjungan juga manis, ada rasa pait paitnya,dan legit.

Sementara itu wakil Bupati Blora Arief Rohman, saat kunjungan ke desatunjungan menungkapkan, duren tunjungan bisa di jadikan produk unggulan Kabupaten Blora, karena memiliki citarsa yang khas.

Di harapkan cita rasa durian desa tunjungan terus di pertahankan, sehingga kedepan, durian nglawungan bisa menjadi tujuan utama para pecinta durian baik dari Blora maupun luar daerah.

(Eko Agung)