152

Beginilah kondisi kawasan Pabrik Semen Indonesia di Kabupaten Rembang yang hingga saat ini masih mendapat perlawanan dari sejumlah warga. Setelah mendapat ijin baru dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada awal maret kemarin, kondisi pabrik semen tersebut siap beroperasi.

Menurut kepala proyek pembangunan atau head of enggineering and construction pabrik Semen Indonesia Heru Indar Wijajanto menjelaskan, saat ini bangunan fisik telah mencapai 99,16% dan masih dilakukan percobaan terhadap mesin pabrik.

Selain itu heru juga menargetkan produksi semen di tahun 2017 yakni mencapai 1,9 juta ton, dari kemampuan produksi sebesar 3 juta ton per tahun. Sehingga dengan adanya mesin baru serta bahan baku sementara di dapat dari tuban, bulan april besok pabrik sudah dapat memproduksi.

Lebih lanjut pihaknya menambahkan, soal masih adanya warga yang menolak, menejemen  akan tetap berkomunikasi dengan warga yang tergabung dalam jaringan masyarakat peduli pegunungan kendeng – JMPPK. Bahkan mereka juga diberi kesempatan untuk mengawal dan bekerja sama dalam proses pembangunan.

(Rajiv Saeful)