144

Sejumlah nama tokoh, pejabat, dan politisi, dikabarkan  diduga tersangkut dengan kasus E-KTP. Nama-nama para tokoh dan politisi tersebut rencananya akan dibeber dalam persidangan hari ini. Salah satu nama yang dikabarkan bakal disebut dalam persidangan yakni  Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu disebut-sebut menerima suap pengadaan E-KTP anggaran 2011-2012, saat dirinya masih menjabat pimpinan Komisi II DPR-RI.

Saat melalukan kunjungan di Grobogan, Ganjar menanggapinya dengan santai. Ia mengaku sudah diperiksa KPK sebagai saksi. Saat diperiksa, Ganjar juga sudah dikonfrontir dengan seseorang, dan jawabannya ganjar tidak menerima suap. Karena itulah, Ganjar tidak akan melakukan klarifikasi jika nanti namanya disebut dalam persidangan.

Seperti ramai diberitakan, telah terjadi dugaan korupsi dalam jumlah yang besar dibalik pengadaan E-KTP. KPK telah menetapkan dua pejabat kementrian dalam Negeri sebagai tersangka, yakni Irman dan Sugiarto. Akibat korupsi tersebut, ditengarai Negara merugi  2 trilyun rupiah.

(Eko Agung Suryanto)