140

Pernyataan, Ganjar Pranowo disampaikan menyusul pertanyaan awak media terkait munculnya nama yang mengait ngaitkan keterlibatannya atas korupsi E-KTP. Ganjar menjelaskan, pihaknya pernah diperiksa sebagai saksi selaku anggota DPR RI Komisi II saat itu.

Materi Pemeriksaan yang ditanyakan menyangkut masalah penganggaran hingga pengawasan Dewan. Ganjar mengaku semua hal diatas sudah dijelaskan kepada penyidik terkait proses yang berlangsung semua terbuka dan biasa biasa saja.

Soal proses anggaran yang naik turun, menurutnya, dalam proses politik itu hal biasa, tinggal disetujui atau tidak. Namun kemudian jika prosesnya masuk tahapan eksekusi, seperti lelang, itu sudah masuk domain Pemerintah. Namun menurutnya proses lelang yang terjadi juga sudah terbuka.

Dalam proses pengawasan, menurut ganjar, semua laporan yang dilihat baik baik saja. Meskipun ada laporan jika saat uji coba sebelum, periodenya masuk di DPR, terdapat banyak persoalan. Laporan laporan tersebut masuk namun belum sempat di cek secara menyeluruh dan sekarang menjadai ramai.

Di Komisi II, imbuh Ganjar,  relatif tidak banyak tahu persoalan yang sifatnya teknis karena hal itu sudah masuk domain Pemerintah.

(Sazadi Abdilah)