120

Kukuh Sudarmanto yang juga merupakan Camat Banyumanik, didaulat menjadi pembina upacara serta membuka pelaksanaan pesta siaga tahun 2017, kwarran Banyumanik. Mengenakan seragam pramuka lengkap, para peserta yang saat ini masih duduk di Sekolah Dasar, tampak antusias dan selalu semangat saat mengikuti setiap kegiatan meskipun panas terik matahari menyengat mereka.

Mengangkat tema gembira, berlatih, dan bersaudara, dimana memiliki arti bahwa adik-adik pramuka siaga dengan dilandasi semangat persaudaraan selalu berlatih dan berkegiatan di lingkungan yang aman dan nyaman dalam suasana riang gembira. Hal tersebut berdasarkan makna logo pesta siaga kwartir daerah (kwarda) Jawa Tengah tahun 2017.

Untuk menyemarakkan pelaksanaannya di tahun ini, kwarran Banyumanik juga menggelar berbagai macam lomba, dengan menunjukkan kemampuan masing-masing barung lewat sebuah kompetisi. Tak hanya lomba yang membutuhkan ketangkasan dan kedisiplinan saja, namun ada juga lomba tentang keagamaan, agar para pramuka cilik ini selalu ingat dan patuh dengan ajaran agamanya masing-masing.

Ketua kwarran Banyumanik, heny Tri Yuliastuti mengatakan, melalui pelaksanaannya di tahun ini, kwarran Banyumanik ingin para pramuka siaga dapat belajar dan berlatih bersama satu dan yang lainnya. Selain itu dengan adanya persaudaraan, diharapkan generasi muda ini kedepannya mampu menjadi calon penerus bangsa yang baik, handal, dan juga berkarakter.

(Muhammad Prianto)