151

Bertempat di jalan raya Ngaliyan Boja, kedai martabak milik Haryono, selalu ramai pembeli disaat sore menjelang senja. Pada perayaan Imlek tahun 2017, Haryono menyediakan martabak shio ayam api. Sesuai namanya, martabak ini merupakan martabak spesial dikedai martabak milik Hariyanto. Martabak shio ayam api, berisi isi daging ayam cincang yang disajikan dengan cara dibakar dengan api.  Martabak ini rendah kolesterol karena minyak penggorengan akan di bakar.

Cara membuatnya tergolong rumit, awalnya, pembuatan martabak seperti halnya pembuatan pada umumnya dengan irisan daun bawang dicampur dengan empat telur bebek.  Kemudian dicampur dengan irisan daging ayam yang telah dimasak dengan bumbu special.  Martabak pertama yang telah jadi kemudian dilapisi kembali dengan martabak kedua. Setelah matang martabak di potong-potong dan dibakar setelah ditaburi keju. Untuk menjadikan martabak shio ayam api sang pemilik sekaligus pembuat melapisi kembali dengan ayam cincang dan keju hingga keju meleleh, dan martabak shio ayam api siap dimakan.

Sementara itu Wiwiet salah satu pembeli, mengaku, rasa martabak shio ayam api lain dari pada martabak yang biasa di dijual pada umumnya. Selain rangkap dua, rasa yang dihasilkan juga lebih enak karena ada lelehan keju yang menutuopi martabak shio.

Bagi anda yang penasaran dengan martabak shio ayam bakar yang satu ini, anda harus merogoh uang sebesar 45.000,-. Harga itu  tentunya sepadan dengan rasa yang dihasilkan.

(Hendi Nugroho)