126

Duta besar Austria untuk Indonesia, Helene Steinhäusl, mengunjungi Boyolali. Dalam kunjungan tersebut, Dubes diterima Bupati Boyolali Seno Samodro di ruang merapi, kantor Bupati Boyolali. Pemerintah Kabupaten Boyolali bakal menjalin kerjasama di pariwisata.

Salah satu bentuk kerja samanya adalah pembuatan aplikasi promosi pariwisata yang digarap salah satu perusahaan penyedia aplikasi asal Austria, PT. Oroundo Mobile Asia. Dubes Austria untuk Indonesia, melalui Commisioner PT. Oroundo Mobile Asia, Christian Bradach, mengatakan Austria juga akan membuka kerja sama di bidang lain dengan Pemkab Boyolali, di antara lain di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Bupati Boyolali Seno Samodro mengatakan, tahun ini Pemerintah Kabupaten mengalokasikan anggaran 10 miliar untuk beasiswa pendidikan bagi 2000 orang. Salah satunya diperuntukkan bagi mahasiswa strata dua berprestasi agar kuliah di Austria. Bupati Seno menyebut kerja sama aplikasi promosi pariwisata ini merupakan salah satu wujud pengembangan smart city di Boyolali.

(Taufik Irvani)